kemudian menuliskan beberapa kata sederhana sesuai gambar yang dilihatnya dan terlihat anak
juga memerankan tokoh dalam ceritanya. Sementara di kelas yang lain terlihat anak membaca
dengan penuh perhatian, kemudian hasil bacaan disampaikan sebagai argumentasi pendapatnya
dan terlihat juga menyimak selanjutnya mereka meringkas dan menyusun laporan hasil diskusi
tersebut.
Pertanyaan:
Berdasarkan hasil analisis ilustrasi di atas, pilihlah kembali beberapa kegiatan berbahasa yang
saudara temukan di atas, kemudian kelompokan sesuai dengan penerapan keterampilan
berbahasa yang bersifat permulaan dan lanjutan !
Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan, terdapat kegiatan berbahasa yang ditemukan, diantaranya adalah anak yang berusaha mengenal lambang bunyi secara reseptif, melafalkan bunyi fonem, menulis kata sederhana sesuai gambar, memerankan tokoh cerita, membaca dengan penuh perhatian, penyampaian argumentasi, meringkas dan menyusun laporan hasil diskusi. Adapun pengelompokan dari penerapan keterampilan dari sifatnya :
Permulaan
- anak yang berusaha mengenal lambang bunyi secara reseptif
- melafalkan bunyi fonem
Lanjutan
- menulis kata sederhana sesuai gambar
- memerankan tokoh cerita
- membaca dengan penuh perhatian
- penyampaian argumentasi
- meringkas dan menyusun laporan hasil diskusi
Pembahasan
Kegiatan berbahasa terdiri dari 4 aspek yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Mendengarkan dan berbicara termasuk dalam golongan kegiatan berbahasa ragam lisan, sedangkan membaca dan menulis digolongkan ke dalam kegiatan berbahasa ragam tulis.
Pada kegiatan berbahasa terdapat dua tingkatan. Masing-masing tiap tingkatan mempunyai penekanannya masing-masing. Tingkatan pemula dalam kegiata berbahasa adalah untuk kemampuan mendengar dan juga berbicara. Pada tingkatan lanjutan yaitu kemampuan dalam menyimak, berbicaram, membaca, dan menulis.
Pelajari Lebih Lanjut
Materi tentang "Keterampilan Berbahasa" pada https://brainly.co.id/tugas/7304682
#BelajarBersamaBrainly#SPJ1
[answer.2.content]